Tips Rafting untuk Pemula yang Wajib Anda Ketahui

Tips Rafting untuk Pemula yang Wajib Anda Ketahui

Rafting atau Arung Jeram merupakan kegiatan yang mengasyikkan sekaligus menantang. Ada beberapa tips rafting untuk pemula yang wajib diperhatikan.

Tips Rafting untuk Pemula wajib Anda perhatikan jika berniat untuk mencoba olahraga menantang satu ini. Rafting atau yang bisa juga disebut dengan arung jerang merupakan kegiatan mengarungi sungai yang berjeram atau riam dengan sebuah wahana atau alat tertentu. Banyak orang melakukan olahraga ini untuk menantang diri atau mengasah kerjasama tim.

Tips Rafting untuk Pemula yang Harus Anda Ketahui

Rafting merupakan olahraga ekstrim yang butuh persiapan sebelum melakukannya apalagi untuk pemula yang belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya. Berikut ini adalah tips rafting untuk pemula yang harus diperhatikan:

1. Kondisi tubuh harus sehat

Hal yang harus diperhatikan saat rafting bagi pemula adalah kondisi kesehatannya. Kesehatan tubuh dibutuhkan jika terjadi suatu hal ketika mengarungi sungai, tubuh Anda dapat bertahan.

2. Pakaian yang nyaman

Pakaian yang nyaman digunakan untuk rafting adalah celana pendek dan kaus berbahan katun. Hindari menggunakan celana berbahan kain jeans karena cukup berat jika basah dan menyulitkan Anda saat bergerak di air. Untuk alas kaki sebaiknya memakai sandal gunung yang tidak mudah lepas.

3. Atribut yang lengkap

Gunakan rompi pelampung dan helm meskipun Anda bisa berenang. Pilih perlengkapan yang sudah berstandar untuk rafting.

4. Lakukan pemanasan terlebih dahulu

Pemanasan dibutuhkan untuk menghindari cidera dan kram, serta melemaskan otot agar lebih fleksibel. Pemanasan ringan saja sudah cukup untuk dilakukan.

5. Mendengarkan instruksi pemandu

Tips rafting untuk pemula yang tak kalah penting adalah memperhatikan instruksi dari pemandu, biasanya mereka akan memberikannya sebelum mulai masuk ke sungai. Instruksi berupa posisi dan gerakan yang baik dilakukan, hal yang dilakukan ketika terjatuh atau perahu terbalik, serta aba-aba saat mendayung.

Lokasi Rafting yang Cocok untuk Pemula di Bali

Setelah mengetahui tips rafting untuk pemula Anda harus mencari lokasi rafting yang sesuai. Lokasi rafting biasnya terletak di gunung, untuk sampai ke sana Anda bisa menggunakan jasa sewa motor di Bali. Berikut ini beberapa tempat rafting yang ada di Bali:

1. Sungai Ayung

Sungai Ayung berada di wilayah Ubud Bali. Panjang trek dari lokasi rafting satu ini kurang lebih 13 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sepanjang perjalanan Anda akan dihadirkan pemandangan background ukiran di dinding sungai. Untuk Anda yang hobi selfie bisa mencoba berfoto di wilayah ini untuk mengabadikan momen rafting pertama.

2. Sungai Telaga Waja

Sungai Telaga Waja memiliki trek yang paling panjang diantara sunga lain yaitu sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 sampai 3 jam. Pemandangan yang disajikan di sepanjang jalur adalah persawahan yang indah. Lokasi rafting ini memiliki jalur sleding setinggi 5 meter, namun masih aman untuk peserta. Khusus untuk pemula, Anda tak perlu khawatir karena pemandu akan selalu siap menjaga keselamatan peserta.

3. Sungai Melangit

Rafting di sungai Melangit menghadirkan tantangan yang tidak berbeda dengan lokasi lain. Keunggulan yang dimiliki dari lokasi satu ini adalah alamnya yang masih bersih dan alami. Selain itu warga di sekitar lokasi rafting juga baik dan ramah membuat Anda nyaman berada di sana. Untuk Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda tidak perlu khawatir karena bisa menyewa kendaraan di rental mobil Bali.

Itulah tips rafting untuk pemula yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya untuk pertama kali. Dan bagi Anda yang ingin mencoba wisata alam ini, Anda bisa mengunjungi beberapa lokasi rafting yang ada di Bali.