Tips Keamanan, Karakteristik dan Kelebihan Sungai Telaga Waja Rafting

Tips Keamanan, Karakteristik dan Kelebihan Sungai Telaga Waja Rafting

Ingin mencoba hal baru saat berkunjung ke Bali dengan bermain rafting? Perhatikan tips keamanan, karakteristik dan kelebihan Sungai Telaga Waja rafting berikut ini.

Kelebihan sungai Telaga Waja rafting dibandingkan sungai-sungai lain tentu saja berbeda. Hal ini karena pada dasarnya setiap sungai yang dijadikan spot rafting pasti memiliki karakteristik yang beragam. Bagi Anda yang ingin rafting di Sungai Telaga Waja, informasi berikut tidak boleh Anda lewatkan.

Karakteristik dan Kelebihan Sungai Telaga Waja Rafting

Dibandingkan dengan spot sungai lain yang dijadikan spot rafting, sungai Telaga Waja memiliki karakteristik yang khas. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jeram Lebih Panjang dan Menantang

Karakteristik dan kelebihan Sungai Telaga Waja rafting yang paling banyak dicari adalah karena trek rafting yang lebih panjang dan lebih menantang. Trek raftingnya memiliki panjang total 16km yang bisa ditempuh dalam waktu 2,5-3 jam. Tidak hanya lebih panjang, trek rafting Sungai Telaga Waja juga lebih ekstrem karena Anda akan merasakan sensasi jalur turunan dengan tinggi 5m dan kemiringan kurang lebih 50°.

2. Pemandangan Sekitar yang Asri

Setiap sungai tempat spot rafting di Bali pasti menawarkan keindahan alam di sekeliling sungai yang Anda lewati. Ini jugalah kelebihan Sungai Telaga Waja rafting yang menjadi daya tarik utamanya. Pemandangan lingkungan sekitar yang asri dan sejuk adalah pemandangan utama yang akan memanjakan mata Anda. Ada juga pemandangan Gunung Agung yang menjulang tinggi di bagian utara sungai akan membuat Anda tak berhenti berdecak kagum.

3. Keamanan Terjamin

Ketika Anda akan melakukan kegiatan rafting di Telaga Waja, hal yang harus diperhatikan saat wisata Telaga Waja rafting adalah keamanannya. Keamanan yang terjamin dengan peralatan keamanan yang lengkap serta instruktur berpengalaman adalah kelebihan Sungai Telaga Waja rafting yang sangat menjadi pertimbangan.

Ingin Menikmati Kelebihan Sungai Telaga Waja Rafting? Perhatikan Tips Keamanan Berikut

Perjalanan wisata Anda tidak akan menyenangkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal tersebut, perhatikan tips aman rafting di Telaga Waja berikut.

1. Cari Tahu Rute dan Akses Menuju Ke Telaga Waja

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah cari tahu rute dan akses menuju lokasi. Sungai Telaga Waja yang berada di kawasan Karangasem Bali ini memang cukup jauh. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam dari bandara. Untuk memudahkan, Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil Bali yang bisa menjemput Anda dari bandara.

Alternatif lainnya jika Anda sudah tahu lokasinya dan ingin sekaligus menikmati pemandangan sepanjang perjalanan menuju Sungai Telaga Waja, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan jasa rental motor Bali. Sarana ini bisa dimanfaatkan jika Anda berkunjung dengan teman namun tidak dalam jumlah banyak.

2. Ikuti Instruksi dari Instruktor

Jika sudah sampai di lokasi, tips keamanan selanjutnya untuk menikmati rafting Telaga Waja adalah ikuti semua instruksi yang diberikan oleh instruktor. Sebelum mulao rafting akan ada instruktor yang menjelaskan instruksi permainan yang harus dilakukan oleh peserta. Disini Anda juga akan dijelaskan prosedur keamanan yang harus dipatuhi selama rafting.

3. Pastikan Peralatan Keamanan Terpasang dengan Benar

Terakhir, sebelum memulai rafting, pastikan semua peralatan keamanan standar sudah terpasang dengan benar di tubuh Anda. Mulai dari jaket pelampung, pengaman siku dan lutut serta helm. Semua peralatan keamanan ini berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari benturan yang terjadi.

Rafting menjadi alternatif wisata yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Bali. Salah satu spot terbaik bisa Anda temukan di Sungai Telaga Waja. Informasi karakteristik, kelebihan Sungai Telaga Waja Rafting serta tips keamanannya di atas semoga bisa menjadi referensi sebelum mencoba water sport satu ini.